Cara melacak HP hilang dengan IMEI adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan ponsel kembali. Cara ini harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak terjadi perubahan seperti adanya perubahan lokasi hingga diganti kartu operator yang ada di dalamnya.

Selain dengan menggunakan IMEI, ada juga pelacakan lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ponsel yang hilang. Pada artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara melakukan pelacakan dengan memanfaatkan IMEI atau dengan menggunakan prosedur lainnya.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI dalam Keadaan Mati

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Jika kamu ingin melakukan proses pelacakan ponsel yang hilang dengan memanfaatkan nomor seri pada ponsel atau IMEI, disarankan untuk melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian ataupun operator terkait.

Apabila melakukan pelacakan secara personal kemungkinan besar tidak bisa dilakukan. Apalagi tidak ada alat yang bisa digunakan atau tidak ada aplikasi yang bisa melakukan pencarian IMEI secara instan dan juga mudah.

Karena memiliki kemampuan untuk gagal saat melakukan pelacakan dengan memanfaatkan cara ini. Ada baiknya untuk langsung melakukan proses pelacakan dengan prosedur lain akan dibahas dibawah ini.

Cara Melacak HP Hilang Lainnya

Selain cara melacak HP hilang dengan IMEI, ada beberapa lagi cara yang bisa dilakukan untuk proses pelacakan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan Gmail

Pelacakan pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan akun Gmail yang dipakai pada ponsel. Selama kamu masih apa akun dan juga password yang digunakan proses pelacakan bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk melakukan pelacakan.

  • Gunakan browser untuk melakukan proses pelacakan. Kamu bisa menggunakan Google Chrome atau browser lain yang sering dipakai.
  • Selanjutnya login ke akun Gmail atau akun Google yang dimiliki. Masukkan user dan juga password dengan benar.
  • Tunggu proses loading hingga berhasil masuk ke alamat Gmail.
  • Setelah masuk ke dalamnya kamu bisa langsung menekan titik tiga yang berada di kanan atas. Selanjutnya pilih Google account.
  • Selanjutnya kamu bisa mencari Temukan Ponsel Anda.

Selanjutnya kamu bisa mencari Temukan Ponsel Anda.

  • Selanjutnya kamu akan diminta memilih jenis ponsel mana saja yang hilang dan akan dilacak keberadaannya.
  • Selanjutnya pilih opsi Temukan.

Selanjutnya pilih opsi Temukan.

  • Kamu akan langsung diarahkan pada Google map yang menunjukkan lokasi dari ponsel tersebut.

Pelacakan ini hanya bisa dilakukan jika ponsel yang hilang memiliki baterai yang cukup dan memiliki koneksi internet. Selain itu GPS yang ada pada ponsel juga menyala sehingga memudahkan perintah dari jauh untuk memperlihatkan lokasi terkini dengan akurat.

2. Memanfaatkan Google Maps

Proses pelacakan selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Maps. Pelacakan bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur GPS yang ada pada ponsel sehingga proses pelacakan akan berjalan otomatis sehingga kamu segera mendapatkan informasi.

Untuk bisa melakukan pelacakan, kamu bisa memanfaatkan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  • Pertama-tama kamu bisa menggunakan ponsel orang lain atau saudara untuk melakukan proses pelacakan.
  • Buka aplikasi Google Maps yang ada pada ponsel tersebut.
  • Selanjutnya masuk ke Settings lalu diteruskan ke bagian Bagi Lokasi.

Selanjutnya masuk ke Settings lalu diteruskan ke bagian Bagi Lokasi.

  • Proses selanjutnya bisa dilakukan dengan memilih pilih opsi Orang.
  • Isikan alamat email dari ponsel yang hilang beserta nomor ponsel dari HP yang hilang itu. Lakukan dengan benar dan jangan sampai melakukan kesalahan.
  • Selanjutnya klik Bagikan dan Aktifkan secara bergantian.

Selanjutnya klik Bagikan dan Aktifkan secara bergantian.

  • Tunggu maksimal 24 jam untuk mendapatkan lokasi hasil pelacakan dengan akurat.

Karena proses pelacakan kemungkinan membutuhkan waktu. Jika ponsel yang hilang baterainya tinggal sedikit kemungkinan besar akan sulit untuk dilacak. Sebaliknya jika baterainya cukup, kamu tidak perlu khawatir saat melakukan proses pelacakan.

3. Memakai ADM

Khusus yang menggunakan ponsel Android bisa melakukan pelacakan dengan memanfaatkan Android Device Manager. Kalau kamu menggunakan perangkat lain kemungkinan besar tidak akan bisa dilakukan.

Untuk melakukan proses pelacakan, kamu bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini.

  • Untuk melakukan pelacakan kamu bisa memanfaatkan aplikasi pada Android di ponsel lain atau bisa juga menggunakan browser yang ada pada komputer.
  • Gunakan akun Google untuk melakukan login ke Android Device Manager. Proses login menggunakan user dan juga kata sandi yang sama dengan akun Google.
  • Selanjutnya klik Accept.
  • Berlanjut ke daftar dari ponsel yang tersambung dengan akun Google tersebut. Selanjutnya pilih ponsel yang hilang tersebut.

Berlanjut ke daftar dari ponsel yang tersambung dengan akun Google tersebut. Selanjutnya pilih ponsel yang hilang tersebut.

  • Proses pelacakan akan dilakukan sehingga kamu bisa melihat lokasi terkini dari ponsel.

Lokasi ponsel terkini akan semakin akurat jika ponsel kamu yang sedang hilang memiliki koneksi internet dan GPS diaktifkan. Jadi sistem bisa mengirim lokasi secara akurat.

4. Memakai Find My Device

Memakai Find My Device

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi find my device yang bisa ditemukan dengan mudah dengan mencarinya pada Play Store. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pelacakan secara instan sehingga lokasi dari ponsel bisa didapatkan dengan mudah.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini aplikasi yang sama harus terpasang pada ponsel tersebut. Dengan begitu aplikasi tersebut bisa mengirimkan berbagai jenis data secara real-time dan ditangkap oleh aplikasi lain sehingga proses pelacakan bisa berjalan dengan baik.

5. Mencoba Aplikasi Find Mobile

Mencoba Aplikasi Find Mobile

Aplikasi ini dikhususkan untuk mereka yang menggunakan ponsel Samsung generasi terbaru. Apabila ponsel Samsung yang kamu miliki hilang atau tidak ditemukan, proses pencarian bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga cepat.

Caranya adalah memanfaatkan ponsel lain yang di dalamnya terdapat aplikasi Find Mobile. Untuk bisa melakukannya kamu bisa menuju Setting – Biometrics and security – Find My Mobile. Selanjutnya masukkan beberapa data yang diminta untuk dilakukan proses pelacakan.

6. Memanfaatkan Family Locator

Memanfaatkan Family Locator

Aplikasi Family Locator ini hanya bisa digunakan jika ponsel yang hilang terpasang aplikasi ini. Itulah kenapa kamu disarankan untuk memasang aplikasi ini pada semua ponsel yang ada di rumah. Apabila terjadi kehilangan bisa langsung dilacak dengan mudah.

7. Mencari Secara Manual

Mencari Secara Manual

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melakukan pelacakan HP yang hilang adalah dengan melakukan cara manual. Cara ini bisa dilakukan dengan menyisir area dimana terakhir kamu berada sebelum mendapati ponsel yang dimiliki hilang.

Apabila hilang ada angkutan umum kemungkinan besar akan sulit dicari karena kendaraan akan terus bergerak. Selain itu, kemungkinan besar, terjadi tindak kejahatan seperti pencopetan sehingga sulit untuk ditemukan.

Apabila hilangnya di jalanan kamu bisa melakukan penyisiran dengan terus menghubungi ponsel tersebut. Apabila ponsel memiliki nada dering kemungkinan besar akan berbunyi sehingga memudahkan kamu untuk melakukan pencarian hingga berhasil ditemukan.

Cara melacak HP hilang dengan IMEI bisa dilakukan asal kamu memiliki kerjasama dengan pihak operator. Selain itu juga harus ada bantuan dari pihak kepolisian. Apabila dilakukan sendiri kemungkinan besar tidak akan bisa melakukan proses. Meski demikian kamu masih bisa menggunakan prosedur lainnya.

Simak juga: Smartphonelogs Apk

Pelacakan dengan prosedur lainnya cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memasang aplikasi tertentu pada ponsel Android. Selanjutnya proses pelapukan bisa dilakukan secara otomatis asalkan ponsel tersebut tersambung dengan internet dan GPS yang ada didalamnya secara aktif.