Cara menghilangkan Watermark di Word – Watermark merupakan tanda samar atau ciri pada suatu object untuk menunjukkan siapa pemiliknya, dalam hal ini Watermark di Word sama saja dengan tanda atau ciri dari file dokumen word yang menandakan si pembuatnya atau pemiliknya. Lalu apa fungsi watermark itu sendiri ? Kita akan bahas nanti

#Fungsi Watermark di Word

Secara fungsi, Watermark adalah bukti kuat kalau dokumen word tersebut merupakan hasil kepemilikan dari yang menciptakan atau disebut creator.

Untuk meminimalisir penyalahgunaan, watermark sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis file, bukan hanya untuk dokumen word, watermark juga biasanya digunakan untuk file berbasis video atau gambar

Tapi, benarkah watermark justru akan mengganggu si pembaca di Word ? Kalau saya pribadi memang akan mengganggu jika dokumen yang kita baca sedikit tidak jelas dikarenakan watermark yang ada.

Tetapi sebelum lebih lanjut mengenai cara menghilangkan watermark di word, baiknya kalian tau kelebihan dan kekurangan menggunakan watermark untuk semua jenis file, bukan hanya word saja, berikut kelebihan dan kekurangan watermark

Baca Juga : Cara Mengedit Dokumen Word Read Only

#Kelebihan Menggunakan Watermark

Adapun kelebihan yang didapatkan dengan memasang watermark di karya cipta sendiri adalah seperti berikut :

  1. Dengan watermark, para pengguna atau pemakai karya akan mengetahui identitas kalian sebagai seorang kreator
  2. Melalui watermark, kalian dapat mendapatkan hasil jika dikomersilkan, sebagai contoh jika ingin watermark hilang maka diharuskan untuk membayar dengan nominal tertentu
  3. Watermark dapat menjadi ciri khas suatu karya yang diciptakan
  4. Watermark juga dapat menjadi bukti sah kepemilikan karya tersebut

#Kekurangan Menggunakan Watermark

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, watermark juga memiliki beberapa kekurangan jika digunakan, berikut kekurangan menggunakan watermark :

  1. Dicap negatif atau pelit, iya betul karena watermark terkadang kita mendapatkan cemoohan, dengan alasan karya tersebut tidak bisa digunakan ulang oleh orang lain
  2. Kekurangan terfatal dengan menggunakan watermark adalah mengganggu isi konten, sebaliknya watermark yang baik tidak akan mengganggu isi konten

Kalian mungkin pernah menemukan sebuah dokumen atau file dalam microsoft word, dan setelah anda buka setiap lembar dokumen tersebut terdapat gambar latar belakang atau background transparan di belakang teks yang ada, baik itu berupa tulisan maupun gambar logo, biasanya sedikit transparan. Jika anda menemukan gambar transparan semacam itu baik itu berupa teks maupun logo atau gambar, maka itu artinya dokumen tersebut sudah diberi watermark oleh pembuatnya.

Watermark biasanya dibuat untuk memberikan penekanan terhadap suatu dokumen biasanya menyangkut brand perusahaan, nama perusahaan atau hak cipta, agar siapapun yang kebetulan membuka dokumen tersebut tau sumber dokumen tersebut atau tau bahwa dokumen tersebut memiliki hak cipta, selain itu watermark terkadang digunakan untuk hal-hal lainnya agar dokumen memiliki gambar latar belakang.

Jika kebetulan sedang mengedit dokumen dari hasil download, dan kebetulan pada dokumen tersebut terdapat watermark kemudian berniat ingin menghilangkan watermark tersebut, maka langkahnya sangat lah mudah, di artikel berikut saya akan uraikan bagaimana langkah-langkah cara menghilangkan watermark pada dokumen microsoft word.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Word

#Cara Mudah Menghilangkan Watermark di MS Word

Metode 1 : Menggunakan Tombol Watermark

Jika ingin menghilangkan watermark pada dokumen microsoft word yang sedang diedit maka langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen microsoft word yang memiliki watermark
  • Pilih Tab Design
  • Kemudian, klik tombol Watermark
  • Pilih dan klik Remove watermark seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini.
  • Terakhir klik Remove Watermark
Cara menghilangkan Watermark di Word

Dengan cara ini watermark akan menghilang, kalian juga bisa mengganti dengan watermark milik sendiri baik berupa gambar logo maupun teks atau membiarkannya kosong.

Di cara yang kedua ini memang sedikit panjang, yaitu dengan menggunakan menu header dan footer yang ada di word, untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka dokumen microsoft word yang memiliki watermark
  • Pergi ke Tab Insert
  • Pada bagian Header and Footer, klik Header
  • Kemudian pilih Edit Header
Cara menghilangkan Watermark di Word
  • Terakhir, kalian bisa arahkan kursor ke Watermark yang ada, kemudian bebas untuk menghapus maupun mengubah watermark
Cara menghilangkan Watermark di Word

Bagaimana mudah bukan, Walaupun cara menghilangkan watermark terbilang sangat mudah, karena fitur ini jarang sekali digunakan terkadang lupa bagaimana cara menggunakannya, oleh karena itu pada tutorial kali ini, kita akan coba uraikan secara singkat bagaimana cara menghilangkan watermark di word.

Demikian cara menghilangkan watermark di word. Mudah-mudahan langkah-langkah di atas membantu anda menghilangkan watermark pada dokumen microsoft word yang sedang kalian edit.