Adobe Photoshop merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengedit gambar dan retouching foto yang digunakan dikomputer berbasis Windows atau Mac OS. Photoshop menawarkan pengguna kemampuan untuk membuat, meningkatkan, atau mengedit gambar, karya seni, dan ilustrasi, mengubah background, dan masih banyak lagi, semuanya itu dapat dilakukan dengan Adobe Photoshop. Adobe Photoshop menjadi software paling banyak digunakan untuk mengedit foto, manipulasi gambar, dan retouching dengan berbagai format file gambar dan video. Tools dalam Photoshop memungkinkan untuk mengedit gambar individu maupun foto dalam jumlah besar. Ada beberapa versi Photoshop, antara lain Photoshop CC, Photoshop Elements, Photoshop Lightroom dan Photoshop Express. Berikut Fungsi dan Kegunaan Photoshop, Pengertian Adobe Photoshop, dan sejarah Photoshop

pengertian Adobe Photoshop

Bagaimana Menggunakan Photoshop?

Adobe Photoshop adalah tools penting untuk desainer, pengembang web, seniman grafis, fotografer, dan profesional kreatif. Ini banyak digunakan untuk mengedit gambar, retouching, membuat komposisi gambar, dan men-design situs web. Tata letak situs web dapat dibuat dalam Photoshop; desain mereka dapat diselesaikan sebelum pengembang melanjutkan ke tahap pengkodean. Grafik yang berdiri sendiri dapat dibuat dan diekspor untuk digunakan diprogram lain. Kita jadi tahu fungsi dan kegunaan photoshop

Apa itu Photoshop CC?

Pengertian Adobe Photoshop : Adobe Photoshop CC adalah versi Creative Cloud dari Photoshop, dapat kalian gunakan jika berlangganan. Versi Photoshop ini dianggap sebagai versi tingkat profesional dari keluarga produk Photoshop. Photoshop CC tersedia bersama dengan Photoshop Lightroom, atau sebagai bagian dari langganan Creative Cloud yang lebih besar. Photoshop CC biasanya digunakan oleh desainer, profesional web, editor video, dan fotografer untuk mengubah atau memanipulasi gambar digital. fungsi dan kegunaan photoshop terutama digunakan untuk mengedit gambar 2D, meskipun ia menawarkan beberapa fungsi pengeditan gambar 3D. Photoshop menyertakan fungsionalitas analisis gambar, dan dapat digunakan untuk menyiapkan gambar untuk digunakan secara online atau dalam bentuk cetak. Kita akan tau Fungsi dan Kegunaan Photoshop serta Sejarahnya

Baca Juga : Cara Mengubah JPG ke PDF dengan Mudah

Apa itu Adobe Photoshop Elements?

Pengertian Adobe Photoshop : Photoshop Elements berisi banyak kemampuan profesional yang ditemukan di Adobe Photoshop CC, namun dilengkapi dengan opsi yang lebih sederhana yang dirancang dengan mempertimbangkan pengguna tingkat pemula. Lebih khusus lagi, ini dirancang untuk fotografer amatir dan penggemar fotografi digital. fungsi dan kegunaan photoshop Elements dibuat menggunakan teknologi pencitraan digital inti yang sama dengan Photoshop CC. Kemampuan Photoshop Elements yang umum digunakan meliputi:

  • Memanipulasi warna gambar.
  • Memotong gambar.
  • Memperbaiki cacat, seperti debu pada lensa atau mata merah.
  • Menggambar pada gambar dengan pena atau pensil.
  • Menambahkan teks ke gambar.
  • Menghapus orang atau objek dalam gambar.
  • Mengatur foto untuk akses cepat.
  • Menerbitkan gambar secara online atau mengirim melalui email.

Apa itu Photoshop Lightroom?

Pengertian Adobe Photoshop : Photoshop Lightroom adalah produk Photoshop yang digunakan oleh fotografer untuk pemrosesan batch gambar dalam jumlah besar. Lightroom memang memiliki kemampuan untuk membuat dan menyimpan preset gambar yang dapat diterapkan ke banyak foto sekaligus. Ini juga dilengkapi alat pencitraan non-destruktif; agar file asli tetap utuh. Lightroom memiliki kemampuan untuk mengedit file RAW. Keseimbangan cahaya dan eksposur putih dapat dimanipulasi atau disesuaikan dalam file RAW. Namun, fungsi dan kegunaan photoshop Lightroom tidak memiliki banyak fitur operasi dibandingkan dengan versi Adobe Photoshop CC dan Adobe Photoshop Elements

Harga Photoshop?

Harga dari Adobe Photoshop bervariasi untuk setiap produk Photoshop. Photoshop Elements berharga sekitar  $ 100 dan dapat digunakan selamanya setelah membelinya. Perangkat lunak ini dianggap memiliki lisensi selamanya. Biaya produk Photoshop lainnya berkisar dari $10 per bulan hingga $60 per bulan tergantung pada jenis langganan dan lamanya langganan. Opsi biaya yang lebih rendah termasuk aplikasi khusus Photoshop, sedangkan opsi biaya yang lebih tinggi termasuk Photoshop bersama dengan alat Creative Cloud lainnya. Paket diskon juga tersedia untuk siswa, guru, dan organisasi yang ingin membeli lisensi untuk grup yang terdiri dari 10 karyawan atau lebih.

Cara belajar Photoshop

Ada beberapa cara untuk belajar fungsi dan kegunaan Photoshop. Metode populer termasuk mengambil kelas Photoshop secara langsung , kelas Photoshop online, belajar melalui tutorial Photoshop online , dan buku panduan Photoshop . Pembelajaran di kelas juga memiliki keuntungan membantu siswa mengatasi tantangan atau hambatan melalui instruksi terbimbing. Peluang belajar ini sangat membantu ketika fitur atau alat baru dirilis.

Pelatihan Adobe Photoshop dengan instruktur online adalah solusi ideal bagi siswa dengan jadwal sibuk yang tidak dapat melakukan perjalanan ke ruang kelas. Kelas online menawarkan pendekatan pembelajaran langsung yang dapat sangat bermanfaat bagi pemula . Mereka dapat membantu pengguna pertama kali menavigasi semua fitur dan alat Adobe Photoshop. Dari mempelajari cara membuat jalur hingga memahami format file mana yang harus dipilih, instruktur online dapat membantu pemula menjadi mahir Photoshop dengan cepat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Read Only dari PowerPoint

Perbedaan Photoshop Mac vs. Windows

Ada sedikit perbedaan antara Photoshop di komputer Mac OS vs Windows. Menu, opsi, panel, dan alat ditemukan di lokasi yang sama pada Photoshop versi Mac dan Windows. Tidak ada perbedaan fungsionalitas antara Adobe Photoshop pada komputer Mac atau Windows. Sebelum Pengertian Adobe Photoshop dapat digunakan di komputer Mac atau Windows, komputer itu sendiri harus memenuhi persyaratan minimum berikut.

Persyaratan Komputer untuk Install Photoshop

Berikut ini adalah persyaratan minimum untuk menggunakan Photoshop di komputer Windows atau Mac OS.

Persyaratan komputer untuk menginstal Photoshop Windows:

Untuk menggunakan Photoshop di komputer Windows, komputer harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Prosesor Intel® Core 2 atau AMD Athlon® 64; Prosesor 2 GHz atau lebih.
  • Microsoft Windows 7 dengan Service Pack 1, Windows 8.1, atau Windows 10.
  • 2 GB atau lebih RAM.
  • 2,6 GB atau lebih ruang hard disk yang tersedia untuk instalasi 32-bit; 3,1 GB atau lebih ruang hard disk yang tersedia untuk instalasi 64-bit; serta ruang kosong tambahan yang diperlukan untuk pemasangan.
  • Layar 1024 x 768 dengan warna 16-bit dan VRAM khusus 512 MB atau lebih.
  • Sistem berkemampuan OpenGL 2.0.
  • Koneksi internet diperlukan untuk mengaktifkan perangkat lunak, memvalidasi langganan, dan mengakses berbagai layanan online.

Persyaratan komputer untuk Photoshop Mac:

Untuk menggunakan Photoshop di komputer Mac OS, komputer harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Prosesor Intel multicore dengan dukungan 64-bit.
  • MacOS versi 10.13 (Sierra Tinggi), MacOS versi 10.12 (Sierra), atau Mac OS X versi 10.11 (El Capitan).
  • 2 GB atau lebih RAM.
  • 4 GB atau lebih ruang hard disk yang tersedia untuk penginstalan, serta ruang kosong tambahan yang diperlukan untuk penginstalan.
  • Layar 1024 x 768 dengan warna 16-bit dan VRAM khusus 512 MB atau lebih.
  • Sistem berkemampuan OpenGL 2.0.
  • Koneksi internet diperlukan untuk mengaktifkan perangkat lunak, memvalidasi langganan, dan mengakses berbagai layanan online.

Format file Photoshop

Pengertian Adobe Photoshop dapat menyimpan atau mengekspor gambar dan grafik dalam berbagai format file. Format ini digunakan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya, gambar yang digunakan di situs web umumnya harus berukuran kecil agar dapat dimuat dengan cepat; sementara gambar yang disertakan dalam perenderan produk 3D mungkin harus memiliki resolusi yang lebih tinggi dan menyertakan detail tambahan. Beberapa gambar mungkin hanya berisi piksel, sementara yang lain mungkin berisi campuran piksel dan vektor. Beberapa format file juga menggunakan teknik kompresi untuk mengurangi ukuran gambar, dan opsi kompresi tertentu sengaja membuang data untuk membuat ukuran file lebih kecil. Untuk mempertahankan semua fitur Adobe Photoshop, termasuk efek, topeng, dan lapisan, format file Photoshop (PSD) digunakan.

Format file yang dapat dibuka atau disimpan Photoshop meliputi:

  • Format Photoshop (PSD) — File PSD dapat berukuran hingga 2 GB. Hanya Photoshop PSD sebagai kemampuan untuk menyimpan semua elemen gambar atau grafik yang diedit.
  • Large Document Format (PSB) — File PSB dapat berukuran lebih dari 2 GB dan mendukung hingga 300.000 piksel dalam dimensi apa pun. Lapisan dan filter yang diterapkan juga didukung.
  • Tagged-Image File Format (TIFF) — Format gambar bitmap fleksibel ini didukung oleh berbagai aplikasi dan platform komputer. CMYK, RGB, skala abu-abu, dan warna yang diindeks didukung. Dokumen TIFF memiliki ukuran file maksimal 4 GB. Jika file TIFF dibuka di aplikasi lain, maka hanya gambar yang diratakan yang akan ditampilkan meskipun lapisan telah disimpan.
  • RAW — File RAW dapat berukuran lebih dari 2 GB. File RAW fleksibel dan dapat digunakan untuk mentransfer gambar antar komputer atau aplikasi. Format ini mendukung gambar CMYK, RGB, dan skala abu-abu; namun file harus diratakan sebelum disimpan.
  • Portable Document Format (PDF) — Font, tata letak halaman, vektor, dan grafik bitmap dapat ditampilkan secara akurat dengan file PDF. Selain itu, tautan elektronik dapat disertakan dalam file PDF. Hingga 16 bit per saluran gambar dapat disimpan tanpa penurunan kualitas.
  • Graphics Interchange Format (GIF) – Format file ini sering digunakan untuk menampilkan grafik atau gambar berwarna yang diindeks dalam dokumen HTML yang ditentukan. GIF meminimalkan ukuran file dan mengurangi waktu transfer elektronik. Itu tidak mendukung saluran alfa.
  • Portable Network Graphics (PNG) — Kompresi lossless dicapai dengan PNG. Ini mendukung gambar 24 bit; namun, beberapa browser web tidak mendukung file PNG. PNG menjaga transparansi dalam gambar RGB dan skala abu-abu. Ini juga mendukung gambar mode warna, skala abu-abu, RGB, dan bitmap yang diindeks.
  • Joint Photographic Experts Group (JPEG) — Format file ini sering dipilih untuk gambar nada kontinu untuk dokumen HTML. Ini mendukung mode warna abu-abu, RGB, dan CMYK. Ini mempertahankan semua informasi warna dalam gambar RGB, namun memampatkan ukuran file dengan membuang data yang dipilih. JPEG secara otomatis di dekompresi ketika file dibuka.
  • Cineon — Format digital 10 bit per saluran dikembangkan oleh Kodak. Ini digunakan untuk menghasilkan kembali ke film tanpa kehilangan kualitas gambar. Ini dapat digunakan dalam Sistem Film Digital Cineon.

Sejarah Photoshop

Adobe Photoshop awal mulanya dikembangkan pada tahun 1987 oleh saudara John dan Thomas Knoll. Sejak pengembangan aslinya, Photoshop telah berevolusi dari alat pengeditan gambar sederhana menjadi rangkaian lengkap untuk manipulasi gambar. Sementara versi awal Pengertian Adobe Photoshop diproduksi dan didistribusikan oleh Knoll bersaudara, perangkat lunak tersebut diakuisisi oleh Adobe Systems dan menjadi Adobe Photoshop.

Versi paling awal dari perangkat lunak yang dirilis oleh Adobe datang pada Februari 1990. Ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan menyimpan file dalam berbagai format pada komputer Mac OS awal. Pengguna juga dapat menyesuaikan keseimbangan, dan saturasi warna gambar. Ada kemampuan melukis yang minimal, serta pilihan tepi yang lembut. Desainer grafis dengan cepat mengadopsi Adobe Photoshop. Dari penambahan dukungan CMYK color dan Duotones di Versi 2.0 ke mesin pengecatan baru dan teks vektor Versi 7.0.

Baca Juga : Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Photoshop CS vs Photoshop CC

Pengenalan merek Creative Suite memberikan setiap versi Photoshop dengan “CS” diikuti dengan nomor versi setelah versi pertama Creative Suite. Dengan demikian, versi Adobe Photoshop setelah Photoshop CS menjadi Photoshop CS2, kemudian Photoshop CS3, yang berlanjut hingga Juni 2013. Saat itu, Adobe memperkenalkan program lisensi baru di mana Photoshop disewa baik berdasarkan bulan atau tahun sebagai bagian dari langganan. . Saat itu, Photoshop CS digantikan oleh Photoshop CC untuk Creative Cloud. Penunjukan Creative Cloud diikuti oleh tahun di mana aplikasi menerima pembaruan terbarunya.

  • Photoshop CS: Photoshop CS dirilis pada Oktober 2003. Ini mewakili peralihan ke merek Creative Suite. Perbaikan termasuk: penambahan kamera RAW 2.0, perintah warna yang cocok, palet histogram waktu nyata, peningkatan kontrol pengguna, dan perintah bayangan / sorot.
  • Photoshop CS2: Dirilis pada Mei 2005, versi ini menampilkan peningkatan tambahan, termasuk: preset kustom, browser file yang ditingkatkan ke Adobe Bridge, pengeditan non-destruktif, filter koreksi lensa, dan objek pintar.
  • Photoshop CS3: Dirilis pada April 2007, pembaruan ini meningkatkan jahitan gambar, menawarkan opsi cetak tambahan, pengoptimalan seluler yang ditingkatkan, dan meningkatkan dukungan yang ditawarkan untuk Camera Raw.
  • Photoshop CS4: Dirilis pada Oktober 2008, versi Photoshop ini menyertakan peningkatan berikut: penskalaan konten, manajemen file dan ruang kerja yang ditingkatkan, panel penyesuaian, peningkatan alur kerja Lightroom, dan antarmuka berbasis tab yang disederhanakan.
  • Photoshop CS5: Dirilis pada April 2010, peningkatan berikut diperoleh: dukungan 64 bit, pengambilan warna, tip bulu, pelurusan gambar otomatis, kuas mixer baru, dan alat tepi halus.
  • Photoshop CS6: Dirilis pada Mei 2012, pembaruan ini menyediakan antarmuka pengguna yang didesain ulang, fitur penyimpanan otomatis, alat vektor yang direvisi, dan alat video yang disempurnakan, seperti kemampuan untuk menyertakan lapisan, memanipulasi warna, dan menyesuaikan tingkat eksposur.
  • Photoshop CC: Dirilis pada Juni 2013, pembaruan ini menawarkan Camera RAW sebagai filter, pengurangan guncangan kamera, kemampuan untuk menyinkronkan preferensi dengan cloud, objek pintar yang ditautkan, unsampling cerdas, dan persegi panjang bulat yang diedit.
  • Photoshop CC 2014: Dirilis pada Juni 2014, pembaruan ini menampilkan peningkatan, termasuk: peningkatan kecepatan tugas, peningkatan objek pintar, dua alat blur baru, topeng fokus, dan kemajuan alat yang sadar konten.
  • Photoshop CC 2015: Dirilis pada Juni 2015, pembaruan ini menambahkan kemampuan untuk lebih dari satu gaya lapisan, kemampuan untuk “mengekspor sebagai”, meningkatkan akses ke stok Adobe, antarmuka pengguna yang diperbarui, dan kemampuan perpustakaan baru dengan penautan file. Pembaruan kedua dirilis pada Juni 2016, yang dikenal sebagai CC 2015.5. Pembaruan ini menampilkan portofolio Adobe, ruang pemilihan dan penyembunyian, peningkatan ekspor, dan pembaruan lain ke panel perpustakaan.
  • Photoshop CC 2017: Dirilis pada November 2016, pembaruan ini menampilkan pencarian dalam aplikasi, integrasi yang ditingkatkan dengan Adobe XD, dukungan untuk font warna SVG, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Pembaruan CC 2017 berikutnya dirilis pada bulan Desember 2016 dan April 2017.
  • Photoshop CC 2018: Dirilis pada Oktober 2017, pembaruan ini memperkenalkan fitur penghalusan goresan baru, alat pena kelengkungan baru, manajemen kuas yang disederhanakan, kemampuan untuk mengakses foto Lightroom di Photoshop, serta kemampuan untuk mengirim kreasi melalui email langsung di dalam Photoshop .
  • Photoshop CC 2019: Adobe mengumumkan pembaruan Photoshop CC 2019 pada konferensi Adobe Max pada akhir 2018.
  • Photoshop CC 2020: Versi terbaru Photoshop tersedia pada musim gugur 2019 dan menerima pembaruan kecil pada Juni 2020, dengan pembaruan paling signifikan yang melibatkan peningkatan pilihan untuk potret dan kemampuan untuk menggunakan pola saat membuat desain.