Fungsi dan kegunaan Microsoft Excel – Microsoft Excel merupakan software aplikasi pengolah angka yang diciptakan dan dikembangkan oleh Microsoft, biasa digunakan untuk membuat dokumen berupa laporan keuangan, tabel, grafik dan masih banyak lagi kegunaan ms excel, dibawah ini akan dijelaskan 10 kegunaan microsoft excel

kegunaan dan fungsi microsoft excel

Tampilan Microsoft Excel

Untuk tampilan antarmuka dari Microsoft Excel ini memang berbeda jauh dengan tampilan Microsoft Word. Dalam workspace Microsoft Excel terdapat cell- cell yang digunakan untuk mengolah angka.

Baca Juga : Fungsi Microsoft Power Point

Berikut ini adalah tampilan dari Microsoft Excel 2016.

kegunaan microsoft excel

Kegunaan Microsoft Excel

Selain digunakan untuk mengolah angka, Microsoft Excel juga biasa digunakan untuk mengolah data. Pengolahan data biasa digunakan untuk laporan, seperti laporan keuangan, laporan penjualan, dan lain-lain. Selain itu Microsoft Excel juga digunakan untuk mengolah grafik, diagram, dan lain sebagainya.

Karena mudah digunakan dan berbagai fitur yang ada, Microsoft Excel banyak digunakan untuk kalangan pelajar, perkantoran, instansi, perusahaan dan lain-lain.

Berikut merupakan kegunaan dari program pengolah angka Microsoft Excel :

  1. Membuat laporan keuangan, laporan pengeluaran, laporan penjualan, dll
  2. Membuat grafik atau neraca keuangan
  3. Mengolah data dari file lain, seperti csv
  4. Dapat memanfaatkan banyak formula yang tersedia
  5. Membuat rekapan gaji
  6. Melakukan perhitungan matematika di Microsoft Excel

Bagian Bagian dari Microsoft Excel

Sama seperti Microsoft Word, Microsoft Excel mempunyai bagian-bagian yang hampir sama dengan Microsoft Word, tetapi sub menunya berbeda.

Berikut adalah bagian-bagian dari Microsoft Excel :

Title Bar

Title Bar berisi judul dokumen, Tombol Close, Minimize, Maximize di bagian kanan dokumen, di bagian kiri dokumen terdapat tombol Save, Undo, Redo.

Menu Bar

Pada Menu Bar terdapat :

menu bar ms excel
  • Menu File yang berisi sub menu Home, New untuk membuat dokumen baru, Open untuk membuka dokumen yang Sudah ada, Info untuk mengetahui status dokumen, Save untuk menyimpan dokumen, Save As untuk menyimpan dokumen dengan nama lain atau menggandakan dokumen, Print untuk mencetak dokumen, Share untuk mengirim atau membagi dokumen, Export untuk menyimpan dokumen dengan file jenis lain contoh pdf, Publish, Close, Account, Feedback dan options.
  • Menu Home berisi Clipboard yang berfungsi untuk mengcopy paste atau memotong dokumen, Font (untuk mengganti mengganti jenis huruf, warna huruf dan lain-lain), Alignment untuk membuat paragraf per sheet menjadi rapi, Number (untuk membuat format persentase, kurs mata uang, koma dan lain-lain), Styles untuk membuat variasi tabel, Cells untuk menggabungkan atau menambah cell, Editing untuk mengedit.

Baca Juga : Cara Membuat Mail Merge

  • Menu Insert terdiri dari Tables untuk membuat tabel, Illustrations (untuk menyisipkan gambar, membuat shape, ikon, smartart), Add-Ins, Charts untuk membuat variasi grafik, Tours, Sparklines, Filters, Links, Comments, Text untuk menyisipkan variasi teks, Symbols untuk menyisipkan simbol.
  • Pada Menu Page Layout berisi Themes untuk membuat tema, Page Setup untuk mengatur margin dan lain-lain, Scale to Fit, Sheet Options, Arrange.
  • Menu Formulas berisi Function Library untuk membuat rumus-rumus, Defined Names, Formula Auditing, Calculation.
  • Menu Data ada Get & Transform Data, Queries & Connections, Sort & Filter, Data Tools, Forecast, Outline.
  • Pada Menu Review terdapat Proofing, Accessibility, Insights, Language, Comments, Notes, Protect, Ink
  • Menu View berisi Workbook Views, Show, Zoom untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja, Window, Macros
  • Help berfungsi untuk meminta bantuan jika terjadi sesuatu di lembar kerja.
  • Search berfungsi untuk mencari kata atau angka pada lembar kerja.
  • Dibawah Menu Bar terdapat 2 kotak yaitu Name Box dan Formula Bar.
  • Name Box untuk menunjukkan letak kursor / tabel berada.
  • Formula Bar untuk membuat rumus-rumus.

Rumus Microsoft Excel Lengkap

Microsoft Excel mempunyai banyak rumus yang mempermudah penggunanya mengolah angka. Berikut adalah beberapa contoh rumus Microsoft Excel yang sering digunakan :

  • SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka satu dengan yang lainnya rumusnya adalah “=SUM(number1;number2;dst)
  • AVERAGE merupakan rumus untuk menghitung rata-rata dari data yang ada. Rumusnya adalah “=AVERAGE(number1;number2;dst)
  • MAX merupakan rumus untuk mengetahui nilai paling tinggi dari kumpulan data. Rumusnya adalah “=MAX(number1;number2;dst)
  • MIN merupakan rumus untuk mengetahui nilai paling rendah dari kumpulan data. Rumusnya adalah “=MIN(number1;number2;dst)
  • COUNT merupakan rumus untuk mengetahui jumlah data dari kumpulan data. Rumusnya adalah “=COUNT(number1;number2;dst)
  • IF merupakan rumus untuk memasukan data bila data dalam kondisi tertentu. Rumusnya adalah “=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Seperti itulah pengertian Microsoft Excel, Tampilan Microsoft Excel, Fungsi Ms Excel, Bagian-Bagian dari Microsoft Excel dan Rumus-Rumus Microsoft Excel

Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih