Salah satu faktor terpenting yang dapat membantu pertumbuhan ikan adalah dari makanan ikan arwana yang diberikan.

Mulai dari jenis makanan yang diberikan, hingga kapan ikan hias arwana diberi makan, haruslah sangat diperhatikan jika Anda menginginkan pertumbuhannya lebih cepat dan ikan memiliki warna yang cantik.

Ikan Arwana Sedang Makan

Dan kali ini, Suka Ikan memiliki beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk ikan arwana dan juga beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan saat memberi makan ikan arwana.

Baiklah, langsung saja disimak penjelasannya berikut ini.

Daftar Makanan Ikan Arwana Terbaik

Ikan Arwana Ingin Makan

Untuk menambah kualitas warna dan mempercepat pertumbuhan ikan, dalam memberikan pakan pada ikan arwana harus sangat dijaga kandungan nutrisinya.

Nah di bawah ini adalah beberapa rekomendasi pakan yang bisa Anda berikan ke ikan arwana Anda di rumah.

1. Pelet Ikan

Pelet Ikan

Nah pakan yang satu ini, sudah pasti sangat gampang deh untuk menemukannya, sebab sudah pasti di toko ikan hias selalu ready.

Jenis makanan ikan ini memang yang paling mudah untuk didapatkan lah, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk ikan arwana.

Terlebih lagi, jika pelet tersebut memang dikhususkan untuk ikan arwana, tentunya kualitas ikan yang didapatkan akan lebih bagus lagi.

2. Cicak

Cicak

Nah ternyata cicak merupakan salah satu makanan yang bisa Anda berikan loh, namun tidak semua jenis arwana menyukainya.

Dan memang cicak tidak dijadikan untuk makanan pokok, berikan cicak hanya sebagai makanan selingan untuk ikan arwana, pokoknya bisa diberikan pelet dan berikan cicak 1 atau 2 kali dalam seminggu.

3. Jangkrik

Jangkrik

Bukan hanya burung loh, yang suka memakan jangrkik, ternyata jangkrik juga makanan favorit si arwana loh. Jika tadi cicak tidak cocok untuk dijadikan makanan pokok, jangkrik ternyata bisa loh untuk makanan pokok ikan arwana.

Bahkan banyak yang merekomendasikannya, karena sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas warna sisik ikan, karena kandungan betacarotene.

Sebelum memberikan jangkrik, potong kaki jangkrik terlebih dahulu, karena dikhawatirkan kaki jangkrik yang tajam dapat melukai rongga mulut ikan arwana.

4. Udang

Udang

Anda suka makan udang? Ternyata ikan arwana juga sangat menyukai udang juga loh. Bahkan salat satu makanan favorit arwana setelah jangkrik tadi.

Anda bisa memberikan udang segar atau yang sudah dalam keadaan beku dan pastikan Anda memotong sungutnya atau bagian tubuh udang yang dapat melukai ikan / lebih baik lagi kupas kuelit udang.

5. Kelabang

Kelabang

Nah kalau makanan yang satu ini pastinya banyak yang takut apabila melihatnya kan? Namun ternyata kelabang bisa Anda jadikan makanan alami untuk ikan arwana Anda loh.

Sama halnya dengan jangkrik, kelabang juga memiliki kandungan nutrisi betacarotene yang sangat bagus untuk mempercantik warna ikan.

Namun sebaiknya jangan berikan sebagai makanan pokok seperti halnya jangkrik tadi. Meskipun manfaatnya sama, namun banyak yang berpendapat bahwa pemberian kelabang dapat bersifat kecanduan.

Apabila sudah terbiasa memakan kelabang, arwana enggan memakan pakan lainnya. Selain itu kelabang juga termasuk ke dalam pakan yang harganya mahal.

6. Kecoa

Kecoa

Mungkin banyak dari kalian yang takut terhadap binatang kecil yang satu ini, binatang yang biasa hidup di tempat yang kotor ini juga rupanya bisa Anda berikan untuk ikan arwana Anda loh.

Kecoa bisa Anda jadikan sebagai vitamin bagi arwana, karena kandungan protein yang tinggi akan sangat bagus untuk membantu meningkatkan nafsu makan ikan.

Nah apabila arwana Anda sedang kurang nafsu makan, pemberian kecoa bisa menjadi solusi, Anda bisa mencarinya di gorong gorong maupun selokan atau tempat sampah.

7. Ikan Kecil

Ikan Kecil

Arwana merupakan spesies ikan pemakan segala atau omnivora yang akan memakan hewan apa saja yang ada di sekitarnya.

Nah di alam liar, arwana memang sangat menyukai ikan ikan kecil, bahkan menjadi makanan yang wajib setiap harinya, karena di alam bebas sangat mudah bagi arwana untuk mendapatkannya.

Anda bisa mencarinya di sungai atau bisa juga ke peternak ikan kecil, sebaiknya berikan ikan kecil cukup sekali dalam seminggu dan dalam memberikannya masukan ikan hidup hidup dan biarkan arwana memilih ikan yang diinginkan.

Kapan Waktu Yang Tepat Memberi Makan Ikan Arwana?

Anakan Ikan Arwana

Supaya ikan bisa tumbuh dengan baik dan sehat, Anda harus selalu memberinya dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Namun selain itu waktu pemberian pakan juga harus Anda perhatikan, supaya ikan bisa tumbuh lebih ideal dan cantik.

1. Pagi Hari

Pada pagi hari sebaiknya, berikan makan pada pukul 07.00 – 08.00, berikan makan pelet ikan, secukupnya saja.

2. Siang Hari

Lalu untuk pemberian makan pada siang hari, berikan sekitar jam 11.00 – 12.00. Berikan pakan cicak ataupun jangkrik, cukup 1 – 2 ekor saja per ekornya, sesuaikan dengan ukuran ikan yang Anda pelihara.

3. Sore Hari

Terkahir, pada sore hariberikan pakan ikan arwana pada pukul 17.00 – 18.00, beri makanan ikan arwana udang ataupun ikan ikan kecil, secukupnya saja, jangan sampai ikan kekenyangan.

Demikianlah artikel tentang Makanan Ikan Arwana yang bagus untuk membantu pertumbuhan ikan dan mempercantik warna sisik ikan.

Bagikan Artikel Ini