Rumus Hlookup Excel – Apabila kamu ingin mempelajari rumus Hlookup Excel dengan benar ada baiknya untuk menyimak artikel di bawah ini dari awal hingga akhir. Dengan menyimaknya kamu bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana rumus yang harus diaplikasikan agar fungsinya benar.

Selain itu dalam artikel ini kamu juga akan mengetahui apa saja fungsi dari proses pencarian horizontal ini. Jadi untuk melakukan proses pencarian atau memasukkan rumus kamu tidak akan melakukan kesalahan sama. Bahkan meski dilakukan pada beda sheet.

Rumus Hlookup Excel secara umum hampir sama dengan rumus pencarian vertikal. Yang membedakannya adalah tabel acuan yang nantinya akan memiliki struktur yang sedikit berbeda sehingga pemunculan datangnya akan sedikit bervariasi. Simak artikel selengkapnya terkait dengan Hlookup Excel di bawah ini.

Mengenal Hlookup Excel

Mengenal Hlookup Excel

Hlookup Excel merupakan salah satu fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Excel untuk melakukan proses pencarian secara horizontal. Jadi pencarian ini dilakukan secara memanjang dan menggunakan baterai sebagai patokannya.

Jadi proses pencarian data bisa dilakukan dengan melihat data-data pada baris tertentu di kolom yang dipakai sebagai acuan. Selanjutnya data bisa dimunculkan ke kolom manapun dengan tampilan horizontal atau vertikal.

Rumus Hlookup Excel

Rumus Hlookup Excel

Untuk mengetahui rumus Hlookup Excel, ada baiknya untuk menyimak ulasan di bawah ini karena akan ada penjelasan masing-masing bagian dari tabel yang digunakan untuk referensi.

=HLOOKUP(Patokan-cari;tabel-referensi;urutan-baris-hasil;mode-pencarian)

Keterangan:

  • Patokan-cari, merupakan sel yang digunakan sebagai acuan untuk melakukan proses pencarian data. Biasanya sel ini akan memiliki kata kunci tertentu yang nantinya dipakai untuk mencari di tabel referensi.
  • tabel-referensi, merupakan tabel yang nantinya digunakan sebagai acuan untuk melakukan proses pengecekan. Tabel referensi ini bisa berada dalam satu halaman atau di halaman yang lain dalam satu dokumen.
  • urutan-baris-hasil, merupakan urutan baris yang dilakukan untuk melakukan proses pengecekan. Bagian ini biasanya dituliskan dalam bentuk angka mulai dari 1, 2, dan seterusnya.
  • mode-pencarian, biasanya akan berisi nilai dari logika apakah benar atau salah. Jadi bisa diisikan sebagai True atau False.

Apabila dengan menggunakan rumus yang dipakai untuk melakukan proses pencarian antara sheet. Kurang lebih caranya akan tetap sama. Yang perlu diperlukan adalah dengan melakukan proses pemberian nama pada tabel acuan atau referensi.

Dengan memberikan nama pada tabel referensi, meski berbeda halaman proses pencarian tetap akan dilakukan dengan lebih mudah. Jadi kamu tidak akan mengalami kesalahan atau gangguan sama sekali.

Simak juga: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

Fungsi dari Hlookup Excel

Fungsi dari Hlookup Excel

Fungsi dari formula ini kurang lebih hampir sama dengan Vlookup. Apabila kamu menggunakannya beberapa hal di bawah ini bisa didapatkan.

  • Dipakai untuk melakukan proses pencarian yang bermanfaat agar mampu menampilkan data dengan cepat dan mudah.
  • Dimanfaatkan untuk menghindari adanya proses penumpukan data dalam suatu tempat sehingga tabel acuan akan diletakkan di bagian sheet lain dalam satu file.
  • Difungsikan juga sebagai aplikasi untuk menampilkan beberapa data. Biasanya fungsi ini dipakai untuk melakukan proses pengisian data siswa seperti rapor atau sejenisnya.

Bisakah Antar Sheet dan Dokumen?

Bisakah Antar Sheet dan Dokumen

Apabila ada pertanyaan yang mengatakan jika proses pencarian bisa dilakukan pada halaman yang berbeda atau dokumen yang berbeda. Jawabannya adalah bisa karena sistemnya hampir sama dengan Vlookup.

Yang paling penting tabel acuan yang nantinya akan digunakan sudah diberi nama terlebih dahulu. Selain itu nama dokumen yang nantinya akan digunakan sebagai acuan juga jelas.

Untuk rumus utamanya kemungkinan akan tetap sama sehingga tidak perlu melakukan perubahan sama sekali. Hanya saja untuk rumus yang berhubungan dengan file yang berasal dari tempat lain atau dokumen Excel lain bisa memakai cara di bawah ini.

=VLOOKUP(Sel pencarian,[namafile.xlsx]DATA!Lingkup Tabel Absolute, baris, lingkup)

Tips Menghindari Kesalahan

Tips Menghindari Kesalahan

Untuk menghindari adanya kesalahan ketika melakukan proses pengecekan adalah dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Namai Tabel Acuan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan adalah dengan menamai tabel yang digunakan sebagai acuan. Dengan menamai tabel yang dijadikan acuan kamu bisa dengan mudah untuk melakukan proses pencarian data pada halaman yang sama atau halaman yang berbeda.

Untuk melakukan proses penamaan data hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan blok pada seluruh bagian tabel. Selanjutnya cek di bagian kanan atas. Di sana kamu bisa melakukan proses perubahan nama dari tabel agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemberian nama tabel ini bisa dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan saat menginputkan tabel acuan. Jadi kamu tidak perlu mengetikkan sel tertentu tetapi langsung mengetik nama dari tabel itu sehingga kesalahan bisa lebih diminimalkan.

Simak juga: Rumus Vlookup Excel

Selanjutnya bagian akhir dari formula ini merupakan jangkauan yang nantinya akan berisi benar atau salah (true or false). Selain itu bisa juga di isi dengan angka nol atau satu yang juga menunjukkan hal tersebut. Jadi jangan mengosongi bagian itu apabila tidak ingin melakukan kesalahan.

Secara umum bagian itu harus dituliskan dengan True atau angka 1. Jadi apa yang dimunculkan pada data itu memang dianggap benar sehingga bisa langsung dimunculkan pada kolom yang digunakan sebagai tempat memunculkan data.

3. Mengetahui Asal Acuan

Pastikan kamu mengetahui dari mana asal acuan atau tabel acuan untuk melakukan proses pencarian horizontal ini. Dalam Microsoft Excel proses pencarian ini bisa dilakukan dalam tiga cara. Pertama adalah dengan pencarian dalam halaman yang sama atau masih dalam satu sheet.

Kedua adalah pencaharian yang dilakukan pada halaman yang berbeda tetapi masih dalam satu dokumen. Pencarian beda sheet ini bisa dilakukan dengan mudah apabila seseorang ingin memisahkan data yang digunakan untuk tampilan dan data untuk database.

Terakhir adalah data yang berasal dari dokumen Microsoft Excel berbeda tetapi masih dalam satu folder. Apabila menggunakan data ini maka diperlukan rumus khusus yang harus diikuti oleh para pengguna. Jadi mereka harus tahu nama dokumen termasuk nama tabel yang dipakai untuk acuan.

4. Cek Formula Dahulu

Terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan selalu melakukan proses pengecekan rumus terlebih dahulu. Dengan melakukan proses pengecekan rumus ini kamu bisa dengan mudah menghindari adanya kesalahan yang terjadi.

Proses pencarian ini bisa dilakukan dengan mudah apabila kamu mengetahui mana saja yang salah dan mana saja yang benar. Jadi pastikan rumus dasarnya sudah paham sehingga meski isi di bagian dalamnya diubah-ubah tidak akan mengalami kebingungan.

Rumus Hlookup Excel bisa digunakan untuk melakukan proses pencarian data secara horizontal. Konsepnya hampir mirip dengan pencarian lain yang ada pada Excel seperti Vlookup. Yang membedakan hanyalah posisi dari tabel yang digunakan untuk referensi.

Simak juga: Cara Vlookup Beda Sheet

Selebihnya kamu bisa langsung memasukkan rumus yang sesuai. Jadi proses pencarian data bisa berjalan dengan lebih mudah tanpa melakukan kesalahan sama sekali. Apalagi fungsi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Excel (Macro).